mari Bangun Saumlaki Online IT melalui Jardiknas 2008

Senin, 18 Februari 2008

Ringkasan Pelaksanaan Padati Web 2007




RINGKASAN LAPORAN

PROGRAM PADATIWEB 2007 WILAYAH PROPINSI MALUKU

KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT


A. Latar Belakang

Suatu perencanaan program atau kegiatan tergantung dari basis data yang tesedia dimana Basis Data (database) merupakan data primer dalam pengembangan suatu program dan kegiatan sebagai dasar penentu suatu kebijakan. Sehingga Penguatan dan Pengelolaan data sangat membutuhkan Dana, Waktu, serta SDM dalam mengolahnya.

Faktor SDM dan Loyalitas merupakan Faktor Utama Keberhasilan Basis Data yang valid.

Pendataan Pendidikan (PADATI) berbasis WEB yang dilaksanakan oleh Pusat Statistik Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional merupakan langkah awal dalam perencanaan pendidikan yang terintegrasi dengan Pangkalan Data yang berada di Propinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Salah satu Pangkalan Data adalah Kabupaten Maluku Tenggara Barat mendapat bantuan langsung (Blockgrant) dalam pengelolaan data pendidikan sejak tahun 2006 sedangkan tahun 2007 hanya penyempurnaan pada Program PadatiWeb 2007 (Upgrade).

Pengelolaan data pendidikan sangat dipengaruhi oleh Pengadaan Fisik maupun Non Fisik sehingga guna menjembatani luasnya pangkalan data maka ditunjuk Jasa Konsultan yang menangani pelaksanaan teknis dilapangan yaitu Bintek bagi Korlap (Kordinator Lapangan) yang mendamping dan memimbing serta membackup data dan mengirimkannya ke PSP-Balitbang lewat E-mail, CD BackUp, atau Web Server Padati, atau lewat Fasilitas ICT.

Penyebaran data yang tidak bisa terakumulasi sangat terhambat dari faktor Penyebaran Sekolah-sekolah antar kepulauan, dan sarana transportasi dan komunikasi yang kurang lancar.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat terdiri dari 5 (lima) Gugusan Kepulauan yaitu: Tanimbar, Lemola, PP.Babar, PP. Terselatan yang terbagi kedalam 17 (tujuh belas) Kecamatan yang terpisah oleh Laut sehingga kabupaten ini dijuluki Kabupaten Kepulauan.

Dalam penghimpunan dan keberhasilan data tergantung dari UPTD Diknas yang berada di kecamatan.

B. Dasar

Dasar Pelaksanaan Program PadatiWeb 2007 adalah :

- Surat dari Pusat Statistik Pendidikan Balitbang Depdiknas Nomor 2129.3/G4/LL/2007 tanggal 03 September 2007 tentang Bintek (Bimbingan Teknis) Pendataan Pendidikan

- Surat Tugas 193/F/MSM/September/2007

C. Permasalahan

Permasalahan yang dihadapi Kordinator Lapangan adalah:

1. Perolehan data yang akan diback up masih 0,00% untuk tahun 2007

2. Form data yang diberikan belum terakomodir ke Sekolah-sekolah TK, SD, SMP, SMA/SMK karena Pihak Dinas sering menanyakan Biaya Operasionalnya.

3. Program PadatiWeb 2006 belum dilaksanakan (Informasi dari Bina Program Diknas Kabupaten Maluku Tenggara Barat sudah 95,00%)

4. Dana Operasional belum diterima/dicairkan ke KK-Datadik untuk tahun anggaran 2007 karena pergantian Jabatan di tingkat Eselon III antar Bidang dan Seksi.

5. Faktor Pergantian Jabatan/Program serta kegiatan untuk tahun 2007 per bulan Nopember 2007 terjadi secara besar-besaran dalam lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga khusus (Bina Perencanaan dan Program) sehingga tanggung jawab sebagai pelaksana KK-Datadik digantikan dengan orang baru.

6. Pemahaman dan hasil pendataan pada tahun 2006 tidak diberikan kepada KORLAP karena mereka mempertanyakan Dana Operasional pendataan pada tahun 2006, sehingga pada tahun 2007 ini, pendataan masih belum dilaksanakan tersandung karena dana operasional belum dicairkan (Non Fisik) untuk mendistribusikan Form Pengisian PadatiWeb 2007 tidak ada.

7. Perangkat Keras (PC) belum ada (Fisik) khusus PADATIWEB.

8. Operator belum ditentukan karena faktor Orang baru dalam menangani Program ini.

9. Data yang akan diolah dalam beberapa minggu kedepan yaitu sekolah-sekolah yang berada dekat perkotaan yang dapat dijangkau oleh kendaraan darat.

10. Pendataan Form yang akan dikirim selambat-lambatnya 10 Desember 2007 ditangani oleh Bidang Dikdasmen bukan Bidang Perencanaan Program

D. Pencapaian Program

Pencapaian Program yang dihadapi Kordinator Lapangan adalah:

1. Perolehan data yang akan diback up masih 0,00%, korlap mengelolah bersama Operator yang dipercayakan untuk mengolah data mentah yang diambil dari Laporan Bulan dari tiap-tiap sekolah per 31 Agustus 2007 (Kerja Awal) sudah dikirim ke KORWIL (mr_jenggot_salaf@yahoo.co.id ) dan Pak Edy.Syafwan@gmail.com

2. Langkah yang akan dicapai kemungkinan jika Form di disitribusi ke berbagai sekolah-sekolah pengiriman kembali bisa memakan waktu 1 (satu) hingga 2 (dua) bulan dan data bisa terkumpul 85% (Bagaimana tanggapannya?)

3. Program PadatiWeb 2006 belum dilaksanakan untuk Form Pendataannya karena Programnya didapat dari LPMP-Maluku.

4. Dana Operasional belum diterima/dicairkan ke KK-Datadik untuk tahun anggaran 2006 dan Memberikan Penjelasan tentang PadatiWeb 2007

5. KK-Datadik telah membuat Proposal dan mengajukannya (KK-Datadik: J. Masrikat, SE) Kondisi ini diluar tanggung jawab dan kewenangan Kordinator Lapangan (KORLAP)

6. Koordinasi Awal menjelaskan kembali Program PadatiWeb yang telah dilaksanakan sejak tahun 2006 sehingga untuk tahun 2007 merupakan kelengkapan Fisik dan Non Fisiknya saja. Belum mengetahui Pelaksanaan Program ini.

7. Kondisi ini diluar tanggung jawab dan kewenangan Kordinator Lapangan (KORLAP) mempergunakan Komputer (PC) ICT dan Bidang Sarana dan Prasarana

8. Menunjuk Staf Operator dari Bidang Sarana dan Prasarana dan ICT Diknas dalam membantu dan mengolah data dik

9. Pencapaian Pendataannya yang dapat dijangkau 3,5% Tingkat TK; 8,33%Tingkat SD; 2,54% Tingkat SMP, 2,67%Tingkat SMA, dan 55% Tingkat SMK

10. Form tersebut akan dikirim pada akhir bulan Nopember atau Awal Desember 2007 lewat PSP-Balitbang.

E. Evaluasi dan Monitoring

1. Evaluasi belum terlaksananya pendataan baru 2,6% Tingkat SD, 0,00% SMP, 1,96% SMA/SMK (Korlap dan Teman-teman ICT)

2. Monitoring sedang dilaksanakan kepada Operator yang ditunjuk dan mengelolah dengan menggunakan Laporan Bulanan (Langkah Awal) sedang Form Keuangan masih belum adanya transparansi oleh pihak Sekolah dan belum tersedia dana untuk disitribusi ke sekolah-sekolah yang terdekat.

F. Rekomendasi

1. Saran : Pelaksanaan ini sebaiknya diberikan kepada orang yang loyalitas sehingga dana yang akan dicairkan sesuai Postnya.

2. Saran : Pengelolaan Data sebaiknya ditunjuk kepada Kelompok Kerja (Di Luar Staf Dinas) atau Bidang Pendataan dalam Kontrak Kerja sama dari Diknas Kabupaten dengan Pihak-pihak pemerhati Pendidikan sehingga ada batasan waktu yang dapat dipertanggunjawabkan. Dan hasilnya dilaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan baik di Kabupaten maupun Propinsi serta Online ke PSP Balitbang lewat Padatiwebclient2007.

3. Saran : Perencanaan Program PadatiWeb kedepan disarankan Korlap mengambil peran penting dan bertanggungjawab terhadap dalam keberhasilan Fisik maupun Non Fisik suatu pendataan di wilayah kerjanya. *Tahun 2008

4. Saran : diharapkan Pengadaan Sarana Fisik Padati web dan Non Fisik bisa direalisasikan secepatnya.




G. Contact Person

Alamat: Kantor Diknas Lama (SMP Negeri 1 Tansel)

J. Masrikat, SE : 0852 436 9098 6 KK-DIK/Jardiknas/ICT

E. A. Falikres, ST : 0852 436 4242 1 Operator Jardiknas/Korlap PadatiWeb

D. M. O. Pontoh, A.Md : 0852 434 0670 7 Operator Jardiknas

B. J. Matakupan, A.Md : 0852 433 9524 8 Operator Jardiknas

Tidak ada komentar: