mari Bangun Saumlaki Online IT melalui Jardiknas 2008

Rabu, 16 April 2008

Penerapan e-Government


Dunia semakin berputar dan semakin tua tetapi, ICT tetap berkembang
setiap 0,00000001 detik bagi Pemerhati ICT.

Model analisis teknis yang ditawarkan kepada Pemerintah Daerah harus dapat mencapai tiga sasaran utama untuk :

1. Menggambarkan apa yang dibutuhkan oleh public dengan adanya ICT.

2. Membangun dasar bagi pembuatan desain perangkat lunak sistem informasi manajemen untuk setiap dinas yang dapat diintegrasikan dengan dinas lainnya.

3. Membatasi serangkaian persyaratan yang dapat divalidasi begitu perangkat lunak dibangun. (Brahmantyo, 2003)


Dari kajian teori tersebut diatas, dapat diidentifikasi bahwa permasalahan yang berkaitan dengan ICT itu timbul, antara lain karena belum menggunakan prinsip-prinsip pembangunan infrastruktur yang standart. Hal ini teridentifikasi dari hasil survey bahwa masing-masing dinas yang ada di Saumlaki menggunakan berbagai macam teknologi, berbagai jenis dan spesifikasi server dan komputer sampai system informasi manajemen yang bervariasi, sehingga sangat sulit untuk mengintegrasikan data antar dinas tersebut, karena masing-masing mempunyai kepentingan yang berbeda, belum terlihat prinsip kebersamaan seperti yang tergambar dalam analisis kebutuhan dan analisis teknis tersebut diatas.

Untuk membangun system informasi manajemen yang standart dapat digambarkan pada model tersebut diatas, dengan memperhatikan beberapa alur kegiatan dimana antara dinas yang satu dengan lainnya dapat terintegrasi baik dalam pembangunan infrastruktur ICT dan pemanfaatan kontennya, sesuai dengan kondisi dan lingkungan kota Saumlaki.




Langkah Pertama dengan Pelatihan Pengenalan Komputer & Internet bagi Staf Pemda...

Konsep SoIT menuju penerapan e-Government di Kabupaten Maluku Tenggara Barat

Sudah seharusnya Pemerintah Daerah harus tanggap???


Kita telah buanyak mengen
al Dalam lingkungan pemerintahan, penggunaan ICT memunculkan istilah e-government. Penggunaan teknologi di lingkungan pemerintahan, dalam beberapa kasus berhasil memberikan banyak nilai positif yang menggembirakan. Pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Aktivitas pemerintahan pun menjadi efisien dan efektif.

Tetapi kadang sebaliknya, ketidakberhasilan implementasi e-government pada beberapa kasus sering terjadi, dan sering kita dengar karena belum dipahaminya secara komprehensif peranan ICT dalam komunitas, juga kurangnya persiapan aparatur pemerintah, dan rendahnya pengetahuan masyarakat, menjadi salah-satu sebab ketidakberhasilan ini.

E-government jangan hanya diartikan sebagai suatu layanan pemerintahan kepada masyarakat ditambah dengan komputer dan perangkat komunikasi lainnya. Lebih dari itu, pemahamannya harus lebih mendalam lagi.

Aspek e-literacy, kesiapan apatur dan masyarakat adalah komponen lain yang harus dilengkapi dalam pemberian pelayanan e-government.



Pengadaan infrastruktur TI pada saat ini berkembang dengan sangat cepat, akan tetapi sebagian besar pembangunan itu hanya terkonsentrasi di daerah perkotaan. Di daerah pedesaan dan lokasi terpencil di tanah air, pembangunan infrastruktur masih lambat dilakukan.

RENSTRA yang diusulkan dalam

Perumusan Visi dan Misi Strategi Perencanaan Dasar Pembangunan Pusat ICT menuju SoIT merupakan suatu Divisi/Bagian yang harus dijabarkan dan disinkronisasi dalam RPJMD dan Renstra Kabupaten Maluku Tenggara Barat , adalah:

Visi

Terwujudnya Kemandirian Aparatur di Daerah

yang Cerdas Teknologi, Informasi dan Komunikasi
menuju Masyarakat Maluku Tenggara Barat yang bermartabat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


Misi

Meningkatkan Kualitas Pelayanan dari Institusi SKPD dalam pelaksanaan Pemerintah Kebupaten Maluku Tenggara Barat kepada Stakeholder/ dan Masyarakat di beberapa kecamatan melalui pemanfaatan media teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).


Merancang Program-program Pembangunan yang dapat meningkatkan Harkat dan Martabat serta Kemandirian Komunitas Aparatur dalam tugas-tugas Pemerintahan secara Rasional, Efisien dan Berkualitas sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (IPTEK)

Mengadapatsi, Mendinamisasi dan Mengakselarisasi Pembangunan Daerah untuk Meningkatkan kemandirian dan Kesejahteraan komunitas/Institusi Pemerintah dengan mengakselarisasi terhadap Pembangunan Fisik secara berjenjang dan berkelanjutan bagi kehidupan bermasyarakat lewat Media Informasi dan Komunikasi.





Tidak ada komentar: